Bimbingan Teknis Bantuan Keuangan Desa

Oleh : humas
17 April 2017
495
  
data-layout="button_count" data-action="like" data-show-faces="false" data-share="false">

SRAGEN – Dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana desa, Pemerintah Kabupaten Sragen mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa Tahun 2017 yang dilaksanakan hari ini (17/04/2017) di ruang Sukowati Setda Kabupaten Sragen. Kegiatan ini melibatkan beberapa perwakilan desa se-Kabupaten Sragen untuk mendapatkan bimbingan dan arahan mengenai bantuan keuangan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Ir. Sudaryanto, Msi yang merupakan Kabid Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, membacakan sambutan Kepala Dinas Dispermades Dukcapil Prov Jateng menyampaikan “bahwa pemerintah provinsi memberikan bantuan keuangan kepada pemerintah desa  untuk membantu membiayai pembenahan yang ada di desa sehingga akan menimbukan persepsi yang sama antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa dalam membangun desa agar lebih baik. Selanjutnya akan dilakukan pemantauan dan evaluasi oleh pemerintah provinsi dan kabupaten melalui laporan pertanggung jawaban yang dibuat oleh masing-masing desa”.

Selanjutnya dikatakan,  “bahwa pemberian bantuan tidak mengikat dan menjadi tanggung jawab pemerintah desa untuk pengelolannya, pencairan bantuan akan langsung dicairkan 100 persen, paling lambat 15 hari setelah penerimaan bantuan, kegiatan yang diajukan sesuai proposal harus dilaksanakan dan setiap desa wajib membuat laporan pertanggungjawaban paling lambat tanggal 10 Januari pada tahun mendatang”.

Wahid selaku narasumber dari Dispermades Dukcapil Prov Jateng, menyampaikan cara  penyusunan proposal bantuan keuangan, dan cara pencairan bantuan keuangan. “Untuk setiap desa agar membuat profil desa sehingga tim dari provinsi dapat memantau perkembangan yang dilakukan oleh desa yang bersangkutan” kata Wahid.

Untuk materi Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa kegiatan Sarana dan Prasarana tahun 2017 dapat dilihat melalui www. dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id. ( Humas )

 


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account