TP PKK Kabupaten Sragen Berikan Pelayanan KB Gratis

Oleh : humas
18 April 2017
122

                 SRAGEN – Puluhan  calon akseptor Keluarga Berencana tampak antre di halaman Klinik Utama Rizky Amalia, Selasa (18/04/2017). Mereka datang dari berbagai daerah di Sragen untuk mengikuti kegiatan Pelayanan KB Gratis dalam rangka Hari Kartini ke 138 Kabupaten Sragen tahun 2017.  

                Ketua Umum TP PKK Kabupaten Sragen Ny. Retna Susanti Dedy Endriyatno selaku ketua panitia hari Kartini tampak meninjau kegiatan tersebut. Ny. Retna tampak memasuki ruangan tempat para peserta antri untuk dipasang Implant / susuk. Diruangan tersebut Ia tampak berinteraksi dan memberikan semangat bagi para ibu yang mengikuti kegiatan tersebut. Usai dari ruangan pemasangan implant, Ny. Retna menuju ruang IGD dimana puluhan peserta antre untuk dipasang Intra Uterine Device (IUD).

                “Ibu – ibu jangan lupa ya untuk kembali lagi dua tahun kedepan untuk mengganti implant nya, agar tidak terjadi kehamilan”, pesan Ny. Retna kepada Ibu – ibu peserta yang tampak antre di ruang tunggu klinik. Implant yang dipasangkan dalam kegiatan tersebut efektif untuk penggunaan hingga dua tahun sementara IUD bisa hingga lima tahun sejak pemasangan.

                Salah seorang peserta kegiatan tersebut Lusiana (24 tahun) mengungkapkan dirinya tertarik mengikuti kegiatan tersebut karena ingin memberikan jarak kelahiran dengan anak pertamanya yang kini berusia 8 bulan. Usai dipasang IUD, yang prosesnya hanya sekitar lima hingga sepuluh menit itu Ia berharap dirinya cocok dengan KB IUD ini karena penggunaanya untuk lima tahun kedepan.

Warga Duyungan tersebut mengaku mendapatkan info program KB gratis ini dari kader PKK di Kecamatan setempat. Ia merasa senang dengan adanya kegiatan ini karena dirinya tidak perlu mengeluarkan uang untuk jadi akseptor. “Beberapa waktu lalu, saya sempat tanya ke Bidan biaya untuk IUD sekitar Rp 500.000,00, dengan kegiatan ini saya bisa mendapatkan IUD dengan gratis”, ujar Ibu satu anak ini. (humas)

               


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account