Budidaya Gaharu komoditas hasil hutan yang bernilai jual tinggi.

Oleh : admin
19 Mei 2017
147

KEDAWUNG - Gaharu adalah salah satu komuditas hasil hutan bukan kayu (HHBK) komersial yang bemilai jual tinggi. Bentuk produk gaharu merupakan hasil alami dari kawasan hutan berupa cacahan, gumpalan atau bubuk. Selain dalam bentuk bahan mentah berupa serpihan kayu, juga diproses dengan penyulingan yang dapat menghasilkan minyak atsiri gaharu yang juga bemilai jual tinggi. Cairan ekstark ini kabarnya mencapai nilai jual lebih dari USD 30.000 atau Rp. 300.000.000,-/liter. Sementara harga I batang pohonnya bisa mencapai ribu-an dollar per kilo nya. Gaharu banyak digunakan sebagai bahan farfum, obat-obatan dan bahan dupa.

Kebutuhan gaharu dunia sangat besar. Quota Indonesia 300 ton/pertahun baru dapat dipenuhi 10% inipun lebih banyak didapatkan dengan cara ilegal dan ini berasal dari Gaharu alam. Temuan rekayasa produksi kayu gaharu memberi peluang yang sangat besar bagi perkebunan di Indonesia. dan keuntungan lainnya Mempertimbangkan nilai jual Gaharu, patut diupayakan peningkatan peranan Gaharu sebagai komunitas andalan altematif untuk penyumbang devisa dari sektor kehutanan selain dad produk hasii hutan kayu.
Selain itu hasil gaharu ini merupakan komoditas Ekspor di negara-negara Asia Timur dan Timur Tengah dalam hal ini maka dengan meningkatkan produksi gaharu berarti akan dapat meningkatkan daya saing bangsa. Dampak lain adalah peningkatan kesejahteraan rakyat dan kelestarian sumber daya hutan dan lahan.

Di Kabupaten Sragen, tanaman gaharu ini berhasil dikembangkan di salah SMK Pertanian yang terletak di Kecamatan Kedawung . SMK Pertanian yang berdiri sejak tahun 1968 ini telah menjalin kerjasama dengan Dinas Hutbun Kab. Sragen dalam Budidaya tanaman Gaharu. Sehingga saat ini di Kabupaten Sragen telah berhasil membudidayakan tanaman Gaharu serta memiliki petani binaan.
Menurut Kepala SMK Negeri I Kedawung, Drs. Lubis Isa, pihaknya telah berhasil mengambangkan budidaya pohon Gaharu, dengan sangat baik. Bahkan mungkin Sragen adalah satu-satunya Kabupaten di Provinsi jawa Tengah yang berhasil mengambangkan budidaya Gaharu jenis unggul, jelas Isa. Saat ini tidak kurang dari 2000 batang pohon telah tumbuh subur dan akan berpotensi menghasilkan bibit dan gubal Gaharu.


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account