Pengrajin tatah sungging Kedung Banteng

Oleh : admin
06 Juli 2017
187

Wayang merupakan warisan adiluhung yang mesti dilestarikan. Untuk membuat sebuah wayang diperlukan ketelitian dan ketrampilan khusus. Kerajinan tatah sungging terutama wayang kulit adalah kerajinan yang memadukan seni dan sejarah wayang kulit. Ini dikarenakan untuk membuat wayang kulit diperlukan kemauan belajar yang tinggi, keuletan dan rasa kecintaan yang tinggi dengan cerita pewayangan. Goresan pada selembar kulit kerbau atau sapi mempunyai makna sendiri di dunia seni tatah sungging. Kedung Banteng sebutan lain untuk Gondang, diharapkan menjadi contoh wilayah pengrajin wayang yang masih bertahan hingga sekarang. Keberadaan pengrajin wayang kulit di wilayah ini menjadi salah satu produk unggulan dari Kecamatan Gondang ini
Di wilayah Kecamatan Gondang hingga kini ada banyak pengrajin wayang. Beberapa diantaranya yang populer adalah Ki dalang Budi, Ki Dalang Agung dan Ki dan Dalang Sudir. Mereka terus berkarya dan menjual dagangan wayang kulit made in Gondang, Sragen ini. para dalang ini boleh disebut sebagai maestronya tatah sungging di daerahnya. Diantara hasil karyanya dipakai oleh para dalang kondang antara lain : ki enthus susmono, ki manteb sudarsono, ki anom suroto adalah nama-nama dalang yang pernah memakai karya wong gondang asli ini.
Untuk membuat satu wayang kulit memerlukan beberapa tahapan kerja, rata-rata 1 wayang diselesaiakan dalan 1 hingga 5 hari tergantung tingkat kerumitan serta ukuran wayang. Sedangkan harga wayang juga bervariasi mulai 1 juta hingga puluhan juta juga tersedia.
Pemesanan hubungi : Ki Dalang Agung Mulyanto HP. 085329041221
Alamat : Ngundaan RT.4/I, Glonggong, Gondang, Sragen

 


komentar
tulis komentar anda

Create Account



Log In Your Account