STRATEGI PEMBANGUNAN
         
        Kondisi Kabupaten Sragen dengan segala ragam karakteristik dan heterogenitasnya, memiliki potensi untuk dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan memberi rasa adil, aman, nyaman dan sejahtera pada masyarakatnya. Dari 5 (lima) misi yang telah ditetapkan, diperlukan pemilihan strategi pembangunan daerah untuk dapat membawa Kabupaten Sragen menjadi kabupaten yang jujur, adil dan makmur.

1.          Strategi Percepatan Reformasi Pemerintahan 
Strategi ini mencakup upaya penyempurnaan tata kelola manajemen pemerintahan yang dinamis dan demokratis disertai dengan pengem-bangan sikap mental dan perilaku aparatur jujur dan berakhlak mulia berdasarkan kompetensi dan profesionalitas dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

2.          Strategi Pemberdayaan SDM
Strategi ini dimaksudkan untuk penguatan sikap mental apartur dan  masyarakat agar mampu bersaing dalam kehidupan global dengan tetap menjunjung nilai-nilai kearifan lokal guna menciptakan kehidupan yang  harmonis.

3.          Strategi Partisipatif
Strategi ini sebagai upaya penciptaan situasi dan kondisi agar masyarakat mampu berperan aktif dalam berbagai program dan kegiatan pem-bangunan serta medorong masyarakat yang kurang beruntung agar dapat meningkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

4.          Strategi Pemerataan
Strategi ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan, baik ditinjau dari segi ekonomi, politik dan sosial budaya sehingga dapat me-ningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemenuhan kebutuhannya.

5.          Strategi Pengembangan Ekonomi Kerakyatan
Strategi ini bertujuan mengembangkan kegiatan pembangunan ekonomi secara menyeluruh, dengan harapan akan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, me-ningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, membuka kesempatan ber-usaha dan penciptaan lapangan kerja.

6.          Strategi Akselerasi Pembangunan Infrastruktur
Strategi ini memfokuskan pada percepatan penyelenggaraan pemba-ngunan infrastruktur terutama pada pembangunan infrastruktur yang dapat memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan bidang pembangunan lainnya.

Sumber : Renstra Kab. Sragen  Tahun 2011

Create Account



Log In Your Account